ANALISIS KINERJA PEGAWAI DINAS KEHUUTANAN PROVINSI SULAWESI SELATAN

Keywords: Kinerja, Pegawai, Instansi, Pemerintah

Abstract

Pelaksanaan tugas para pegawai ditujukan untuk pencapaian tujuan yang telah ditetapkan, maka perlu memperhatikan bagaimana kinerja dari pegawai tersebut dalam pencapaian tujuan, hal ini merupakan salah satu indikasi dalam mewujudkan efisiensi dan efektifitas kerja di bidang kehutanan dalam pelaksanaan otonomi daerah pada Dinas Kehutanan Provinsi Sulawesi Selatan. Jenis penelitian yaitu secara deskriptif kualitatif untuk memberikan gambaran secara sistematis dan cermat dari fakta-fakta yang aktual. Informan dalam penelitian adalah Kepala Dinas, Staf Bagian Administrasi, Pengawas dan Pelaksana Kehutanan serta Polisi dan Penyuluh Kehutanan. Instrumen penelitian meliputi observasi, wawancara dan pengumpulan data primer dan data sekunder. Analisis data meliputi kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menemukan bahwa kinerja pegawai Dinas Kehutanan Provinsi Sulawesi Selatan ditentukan oleh kuantitas, kualitas, waktu dan biaya. Kuantitas kerja pegawai telah diaktualisasikan dengan cukup baik, sementara kualitas kerja pegawai masih belum mencapai target yang telah ditetapkan. Untuk waktu aspek penilaian kinerja pegawai sudah diterapkan dengan efisien.  Demikian pula dengan biaya/anggaran telah dialokasikan sesuai program dan kegiatan bidang kehutanan. Terdapat faktor-faktor yang mendukung dan menghambat kinerja pegawai Dinas Kehutanan Provinsi Sulawesi Selatan. Faktor pendukung peningkatan kinerja pegawai meliputi potensi sumber daya hutan yang besar, retribusi hasil hutan  dan permintaan pasar yang masih tinggi, kewenangan provinsi atas rehabilitasi kawasan hutan, inisiatif dan prakarsa NGO serta masyarakat lokal yang bekerjasama mengelola hutan. Sedangkan faktor penghambat kinerja pegawai yaitu ketersediaan sarana prasarana dan kompetensi pegawai.

References

Dessler, Gary, 2019. Management of Human Resource. Published by Addison-Wesley Publishing Company.
Mangkunegara, A.A. Anwar Prabu. 2017. Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Miles, M.B & Huberman A.M. 1984. Analisis Data Kualitatif. Terjemahan oleh Tjetjep Rohendi Rohidi. 1992. Jakarta: Universitas Indonesia.
Peraturan Pemerintah Nomor 46 Tahun 2011 tentang Penilaian Prestasi Pegawai Negeri Sipil.
Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah Provinsi Sulawesi Selatan Tahun 2018-2023.
Rencana Strategis Dinas Kehutanan Provinsi Sulawesi Selatan Tahun 2018-2023.
Sagita, P. Andika, 2015. Efektivitas Kerja Pegawai Negeri Sipil dalam Pelayanan Masyarakat Di Kantor Kecamatan Betayau Kabupaten Tana Tidung. eJurnal ilmu Pemerintahan. Vol.3 (4). P1681-1695.
Published
2022-06-30

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.