PENGARUH MEDIA SOSIAL TERHADAP SISTEM POLITIK IDENTITAS

  • Nasir Nasir Universitas Pancasakti
  • Kahar Gani Universitas Pancasakti
  • Agustan Agustan Universitas Pancasakti
  • Sakral Wijaya Saputra Universitas Pancasakti
Keywords: Demokrasi, Politik, Agama, Sosial, dan Etnis

Abstract

Jurnal yang membahas tentang identitas poitik banyak yang ikut serta dalam agama dan sekelompok marginal walaupun juga banyak terdapat masalah identitas politik dan etnis yang memiliki tekanan yang lebih pada identitas politik. Pada era reformasi, terdapat partisipasi puplik yang semakin meluas dan bebas,di dalam penguatan identitas politik terdapat masalah baru yang hadir. Identitas politik di Indonesia menjadi lebih kuat dan menjadi pilar atas bergulirnya demokratisasi. setelah selesai mengkaji dan juga menganalisis data, maka dari itu jurnal ini telah berhasil dalam mendapatkan hal-hal yang saling berkesinambungan dengan adanya penguat dalam identitas politik dan etnis di Indonesia setelah adanya periode baru yang kontribusi antara beberapa pihak memiliki pengaruh, yang terdiri dari kekuatan modal sosial yang telah di miliki etnis. Di lihat secara eksklusif dalam mendapatkan suatu tempat yang strategis dalan suatu politik baik formal ataupun secara tidak formal.

References

Afifah, Tatu. 2018. “Identitas Nasional Ditinjau dari Undang-Undang Dasar 1945 dan Undang-Undang No 24 Tahun 2009”. Jurnal Ilmu Hukum. Vol. 2. Diakses tanggal 15 Januari 2020.
Chotimah, Hidayat Chusnul. 2016. “Identitas Nasional dan Normalitas Internasional sebagai Pertimbangan politik Indonesia dalam Merespon Saksi dan Jaringan Terorisme Global. Jurnal Politica”. Vol. 7.
Chusniyah, Tutut. 2016. Pengaruh Identitas Nasional, Etnis, dan Agama Terhadap Multikulturalisme dalam Menghadapi Globalisasi di Indonesia. Http://fppsi.um.ac.id. Vol.8, No.2. Diakses pada tanggal 18 Mei pukul 15.34
Fikri, M. Sirajudin, Nico Oktario A. “Politik Identitas dan Penguatan Demokrasi Lokal (Kekuatan Wong Kito dalam Demokrasi Lokal. Jurnal Kebudayaan dan Sastra Islam”. Vol. 1053
Hanifiya. 2018. “Politik Identitas dan Representasi Politik. Jurnal Studi AgamaAgama” Vol. 1.
Habibi, Muhammad. 2019. “Analisis Politik Di Indonesia”. Jurnal Sosial Politik Universitas Mulawarman.
Lestari,Yeni Sri. 2018. “Politik Identitas di Indonesia: Antara Nasionalisme dan Agama”. Jurnal Of Politics and Policy. Vol. 1.
Sari, Endang. 2016. “Kebangkitan Politik Identitas Islam pada Arena Pemilihan Gubernur Jakarta. Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik.” Vol. 7.
Sri Astuti Buchari. 2014. “Kebangkitan Etnis Menuju Politik Identitas”. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.
Kurniawan, Budi. 2018. “Politisasi Agama di Tahun Politik: Politik PascaKebenaran di Indonesia dan Ancaman bagi Demokrasi.” Jurnal Sosiologi Agama. Vol. 12.
Kontona, Saradi dkk. 2018. “Praktik Politik Identitas dalam Dinamika Politik Lokal Masyarakat. Jurnal Sosiologi Pedesaan”. Vol. 6.
Sukamto, 2010. Politik Identitas (Suatu Kajian Awal dalam Kerangka dan interaksi “Lokalitas dan Globalisasi”). Jurnal Sejarah dan Budaya Universitas Malang. Vol.2
Zahrotunnimah. 2018. Sejarah Politik Identitas dan Nasionalisme di Indonesia. Vol. 2.
Published
2022-12-31

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.