ANALISIS KINERJA PEGAWAI DALAM MEMBERIKAN PELAYANAN ADMINISTRASI KEPADA MASYARAKAT DI DESA GOLO NCUANG KECAMATAN CIBAL KABUPATEN MANGGARAI

  • Thomas More Garu Universitas Pancasakti
  • Sumardi Sumardi Universitas Pancasakti
  • Dedy Herianto Universitas Pancasakti
  • Ahmad Firman Institut Teknologi dan Bisnis Nobel Indonesia, Makassar
Keywords: Kinerja, Pegawai, Pelayanan, dan Administrasi.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil kinerja pegawai dan faktor pedukung dan penghambat kinerja pegawai pada kantor desa Golo Ncuang. Desain penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis pada penelitian ini menggunakan teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah mengacuh pada konsep miles dan hubermen yaitu iteraktif model yang mengklarifikasikan analisis data yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dimensi pengukuran kinerja berdasarkan aspek kuantitas pegawai dilihat dari pelayanan surat pengantar Kartu Tanda Penduduk, Kartu Keluarga, dan program lainnya sudah cukup baik. Dari aspek kemandirian, pemerintah desa masih perlu ditingkatkan. Dari aspek Inisiatif, pemerintah desa sudah memiliki semangat yang cukup baik dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab kepada masyarakat. Dari aspek adaptasi, pemerintah desa sudah memilki kemampuan untuk beradaptasi dengan lingkungan kerja maupun elemen masyarakat. Dari aspek kerjasama, pemerintah desa belum terjalin kerja sama dengan baik antara pihak-pihak terkait. Adapun faktor pendukungny adalah pegawai mampu beradaptasi dengan baik terhadap lingkungan kerjanya dan pegawai memberikan pelayanan yang ramah dan sopan. Sementara faktor penghambat kinerja pegawai adalah fasilitas yang belum memadai dan tingkat pendidikan pegawai yang masih perlu ditingkatkan.

References

Basuki. J. (2018). Administrasi publik: telaah teorities dan Empiris. Cetakan Ke-1. Depok: PT. Raja Grafindo Persada.
Herianto, Dedy dan Mirsa, Sitti. 2018. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Motivasi kerja Pegawai Dinas Bina Marga Provinsi Sulawesi Selatan. Jurnal Politik Profetik Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Vol. 6, No. 1. (91-105).
Indriantoro, Nugroho., & Supomo,B. (2017). Business Research Methods Untuk Akuntasi & Management. Edisi pertam. Cetakan Ketujuh. Yogyakarta:
Mukarom. Z., M.W.Laksa. (2015). Public Service Management. Cetakan Pertama. Bandung : CV. PUSTAKA SETIA.
Makmur. H., Thahire. R. (2016). supranatural dan trasedental Administrasi Dan Organize against Public Policy. First
Organisir terhadap Kebijakan Publik. Cetakan Kesatu. Bandung: PT. Refika Aditama
Priansa. D.J. (2017). Manajemen Kinerja Pegawaian. Cetakan ke-1. Bandung : CV.PUSTAKA SETIA.
Rohman.A, I.S.Ferina.,& Ermadiani. (2018). Pengelolaan Administrasi Keuangan Pemerintahan Desa. Edisi Pertama. Yogyakarta : Cetakan Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen YKPN.
Santosa. P. (2017). Administrasi Publik Teori dan Aplikasi Good Governance. Cetakan ke-empat. Bandung : PT. Refika Aditama.
Satori, D., Komariah, A. 2014. Metodologi Penelitian Kualitatif. Cetakan Ke-6. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan R&D. cetakan ke-27. Bandung: Alfabeta.
Sutrisno. E. (2017). Human Resource Management. Cetakan ke-9. Edisi Pertama. Jakarta : KENCANA.
Toraum, S. (2019). Analysis of Village Government Performance in Community Development Di Desa Bontomanai Kec. Magarabombang, Kab. Takalar. Jurnal Ilmiah Pranata Edu. 1 (2): 2656-6788. Diakses Pada Tanggal 15 Januari 2021.
Ulfatin. N., T. Triwiyanto. (2018). Human Resource Management Bidang Pendidikan. Cetakan ke-2. PT.RAJAGRAFINDO PERSADA. Depok
Umam. K. (2018). Perilaku Organisasi. Cetakan ke-3. CV. PUSTAKA SETIA. Bandung
Undang-Undang Desa & Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 6 Tahun 2014 Tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintahan No. 6 Tahun 2014 Tentang Dana Desa Yang Bersumber Dari Anggaran Pendapat Dan Belanja Negara.
Redaksi Sinar Grafika. (2017). Undang-Undang Republik indonesia Nomor 6 tahun 2014 Tentang Peraturan Lengkap Desa. Cetakan Pertama. Jakarta Timur: Sinar Grafika
Published
2022-06-30

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.