Penyiapan Aplikasi Layanan Kartu Pencari Kerja Pada Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Toraja Utara

  • Eunice Abigael nakertrans Kab. Toraja Utara
  • Dedy Herianto Universitras Pancasakti
Keywords: Evaluasi, Pengembangan, Sistem, Pelayanan.

Abstract

Sistem pelayanan manual masih banyak kekurangannya, diantaranya penginputan dan rekapitulasi data data calon pencari kerja secara manual. Sistem layanan manual tersebut menjadikan pekerjaan tidak efektif dalam  hal memberikan informasi terkait dengan adanya lowongan kerja sehingga  masyaraakat kekurangan informasi tersebut dan mengharuskan untuk mencari sendiri perusahaan apa saja yang membuka lowongan kerja. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis penyiapan aplikasi layanankartu pencari kerja pada Dinas Tenaga Kerja dan TransmigrasiKabupaten Toraja Utara.Metode penelitian yang digunakan deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknik waawancara, observasi lapangan, dan telaah dokumentasi. Teknik analisis data dilakuan dimulai pada tahap pengumpulan data, reduksi data, display data, verifikasi, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada aspek analisis kebutuhan perangkat lunak pada dasarnya sudah cukup siap untuk dilakukan sistem pelayanan online, namun kondisi jaringan internet yang belum memadai. Pada aspek desain, informan menyarankan agar desain yang ditampilkan lebih sederhana agar lebih mudah dipahami oleh penggunanya. Pada aspek pengkodean, seluruh informan menginginkan agar dilakukan dengan baik agar data lebih mudah dikelola sehingga manajemen data lebih mudah. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa Pemerintah Daerah Kabupaten Toraja Utara perlu mengalokasikan anggaran khusus untuk  pengadaan aplikasi sistem pelayanan online di Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Toraja Utara. Perlunya komitmen dan konsistensi dari pegawai dalam menerapkan sistem pelayanan dengan maksimal. Perlunya komitmen dan konsistensi pihak Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Toraja Utara dalam melakukan evaluasi dan pengembangan terhadap desain yang telah dibuat peneliti untuk dijadikan sebagai bahan atau referensi dalam pembuatan aplikasi sistem pelayanan online tersebut.

References

Alfarisyi, M., Imam. (2014). Rancangan Sistem Informasi Layanan Alumni Itenas Berbasis Web. Reka Integra, 1(2), 132-143.
Darajatun, R., Achmad dan Sukanta. (2018). Perancangan dan Pembangunan Aplikasi Layanan Insidental berbasis Android. Jurnal barometer, 3(1), 113-118.
Effendi, Mas’ud, dkk. (2016). Perancangan Sistem Informasi Efektivitas dan Efisiensi Peralatan berbasis Website (Studi Kasus di PT. Kediri matahari Corn Mills, Kediri). Indutria: Jurnal Teknologi dan Manajemen Agroindustri, 5(3), 159-168.
Khoirunnisa, Fitri, dkk. (2020). Strategi Pengembangan Sistem Informasi Pelayanan Kantor Kelurahan Menggunakan Analisis SWOT (Studi Kasus Kelurahan Sukabungah Kota Bandung). JURNAL TEKNOLOGI DAN OPEN SOURCE, 3(1), 44-59).
Nugraha, Fajar. (2014). Analisa dan Perancangan Sistem Informasi Perpustakaan. Jurnal SIMETRIS, 5(1), 27-32.
Sukamto, Ariani, dan Shalahuddin, M..Rosa. (2015).Rekayasa Perangkat Lunak Struktur dan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika.
Susilo, Gatot. (2014). Sistem Informasi Tenaga Kerja Pada Disnakersostrans Kabupaten Magelang. TRANSFORMASI Jurnal Informasi dan Pengembangan Iptek, 10(2), 76-83.
Syaban, R., Maulana dan Bunyamin, H. (2015). Pengembangan Sistem Informasi Pengelolaan Surat Masuk dan Surat Keluar Berbasis Web Di Dinas Sosial dan Transmigrasi Kabupaten Garut Menggunakan Framework HP. Jurnal SIMETRIS, 12(2), 301-311.
Published
2021-06-30

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.