Penggunaan Teknik Teratai dalam Pembelajaran Menulis Puisi Di SMPN 21 Makassar
DOI:
https://doi.org/10.120066/inovasi-dan-pelayanan-publik-makassar.v7i1.94Keywords:
Keefektifan, teknik teratai, kemampuan menulis puisi, siswa SMPAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Perbedaan kemampuan menulis puisi antara siswa yang diberi pembelajaran dengan menggunakan teknik teratai dan tanpa menggunakan teknik teratai serta untuk membuktikan keefektifan Teknik teratai dalam pembelajaran Menulis puisi pada siswa SMPN 21 Makassar Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan rancangan penelitian pre-test- posttest control group design. Populasi dalam penelitian iniĀ siswa kelas VII SMPN 21 Makassar. Teknik pengumpulan data yang digunakan tes menulis puisi.hasil perhitungan menunjukkan realibilitas sebesar lebih besar dari koefisien dan Teknik analisis data yang digunakan merupakan uji-t.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara keterampilan menulis puisi siswa kelas VII SMPN 21 Makassar yang menggunakan teknik teratai dengan siswa yang tanpa teknik teratai. Hal ini didukung oleh analilisis statistik yang menyatakan bahwa nilai
References
Hamruni. 2012. Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Insan Madani
Sodiq, Syamsul. 2007. Problematika Pembelajaran Sastra: Tinjauan Pada Aspek Materi. Problematika Pembelajaran Apresiasi Sastra dan Solusinya.
Saini, KM. 1993. Puisi dan Beberapa Masalahnya. Bandung: Angkasa: ITB
Tarigan, Hendry Guntur. 1986. Menulis sebagai suatu keterampilan berbahasa. Bandung: Angkasa
Teeuw, A. 2003. Sastera dan Ilmu Sastera. Bandung: Pustaka Jaya.