STRATEGI DAN ARAH KEBIJAKAN PEMULIHAN EKONOMI KOTA MAKASSAR DI TENGAH PANDEMI COVID-19

  • imran Tajuddin Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah Kota Makassar
  • Apriana Toding Universitas Kristen Indonesia Paulus, Makassar.
  • Petrus Peleng Roreng Universitas Kristen Indonesia Paulus, Makassar.
  • Liberthin Palullungan Universitas Kristen Indonesia Paulus, Makassar.
Keywords: Strategi, Kebijakan, UMKM, Koperasi, Pandemi Covid-19

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh strategi dan arah kebijakan pemerintah Kota Makassar dalam pemulihan ekonomi khususnya di sektor koperasi dan UMKM pasca pandemi Covid-19.  Desain penelitian mix method  yang bertujuan untuk menemukan data dan informasi tentang kondisi pelaku UMKM dan Koperasi, strategi dan arah kebijakan Pemerintah Kota dalam pemulihan ekonomi pasca pandemi Covid-19 di Kota Makassar.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi dan arah kebijakan yang dapat ditempuh oleh Pemerintah Kota Makassar dalam pemulihan ekonomi bagi pelaku UMKM dan Koperasi di Kota Makassar antara lain: pertama,  pemberian bantuan social bagi pelaku usaha. Kedua, perluasan pembiayaan modal kerja yaitu menfasilitasi untuk mendapatkan penjaman lunak atau pinjaman dana bergulir melalui surat keterangan dan rekomendasi kelayakan Koperasi dalam mendapatkan bantuan atau pinjaman dana bergulir dari Lembaga yang akan memberikan pinjaman seperti dari kementrian Koperasi yaitu yang dikenal LPDB. Ketiga, penyediaan penyangga produk melalui pembinaan administrasi dan pembukuan dari Dinas Koperasi pendampingan proses produksi dan Pemasaran dari Dinas Pariwisata untuk kegiatan lorong. Keempat, strategi pengembangan destinasi wisata yaitu melalui destinasi wisata lorong.

References

Ade Resalawati, (2011). Pengaruh perkembangan usaha kecil menengah terhadap pertumbuhan ekonomi pada sektor UKM Indonesia.(skripsi Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, Jakarta, 2011)
Arifin, D. (2020). Presiden Tetapkan COVID-19 Sebagai Bencana Nasional-BNPB. Retrieved June 24, 2020
Asy’arie, Musa, (2001), Keluar dari Krisis Multi Dimensi, Lembaga Studi Filsafat Islam, Yogyakarta.
Bachtiar Rifai, (2012). Efiektivitas pemberdayaan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), Jurnal Sosio Humaniora Vol. 3 No. 4, September 2012
Departemen Koperasi 2008 tersedia di www.depkop.go.id. Situs Resmi Departemen Koperasi
Djarot Siwidjatmo, (1992), Koperasi Di Indonesia, Lembaga Penerbit, Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia
Fedianty Augustinah, (2018) Manajemen Kinerja Balanced Scorecard Untuk Koperasi Dan UMKM, Jurnal Ilmiah Administrasi Bisnis dan Inovasi, vol. 2, no. 2, 2018
Fitra Ananda (2011). Analisis Perkembangan Usaha Mikro Kecil dan Setelah Memperoleh Pembiayaan Mudharabah dari BMT At-Taqwa Halmahera Kota Semarang.
Hadhikusuma, (2000.) Hukum Koperasi Indonesia. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada Kemenkop-UKM. (2020). Menkop dan UKM Paparkan Skema Pemulihan Ekonomi KUKM di Masa dan Pasca COVID-19. Retrieved fromhttp://www.depkop.go.id/read/menkop-dan-ukm-paparkan-skema-pemulihan- ekonomi-kumkm-di-masa-dan-pasca-COVID-19.
Kusnadi, Hendar. (2005). Ekonomi Koperasi. Jakarta: Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi, Universitas Indonesia.
Mukhtar Abdul Kader, (2018), Peran UKM Dan Koperasi Dalam Mewujudkan Ekonomi Kerakyatan Di Indonesia, Jurnal Riset Bisnis dan Manajemen, vol 8, n. 1, 2018
Maftuchan, A. (2020). Policy Brief 21-Program Tunai di Era COVID-19: Bantuan Tunai Korona atau Jaminan Penghasilan Semesta.
OECD. (2020). SME Policy Responses: Tackling Coronavirus (COVID-19) Contributing to A Global Effort. Retrieved from https://oecd.dam- broadcast.com/pm_7379_119_119680-di6h3qgi4x.pdf
Pakpahan, A. K. (2020). COVID-19 dan Implikasi Bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah. Jurnal Ilmiah Hubungan Internasional, 59-64.
Setiawan, D. (2020). DJP: Insentif Pajak Ditanggung Pemerintah Belum Banyak Dipakai UMKM. DDTC News. Retrieved from https://news.ddtc.co.id/djp-insentif-pajak-ditanggung-pemerintah-belum-banyak-dipakai-umkm- 21190?page_y=0
Sugiri, D. (2020). Menyelamatkan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah dari Dampak Pandemi COVID-19. Fokus Bisnis: Media Pengkajian Manajemen Dan Akuntansi, 19(1), 76-86.
Published
2021-08-21

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.