Peranan Pemerintah Kelurahan dalam Pengawasan Perparkiran Tepi Jalan Umum Wilayah Pertokoan Kelurahan Penanian Kecamatan Rantepao Kabupaten Toraja Utara

  • widyaksono widyaksono Pemerintah Daerah Kabupaten Toraja Utara
  • Suparman Mekkah Universitas Pancasakti
Keywords: Peranan, Pengawasan, Perparkiran, Pemerintah.

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah banyaknya keluhan dari masyarakat terkait kemampuan juru parkir dalam menjalankan pekerjaannya menata kendaraan yang diparkir. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran pemerintah kelurahan dalam melakukan pengawasan perparkiran tepi jalan umum di Kawasan Pertokoan Kelurahan Penanian.Metode yang digunakan dalam penelitian ini deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui metode wawancara langsung terhadap informan, observasi lapangan dan telaah dokumentasi. Pengolahan dta dilakukan mulai dengan mengumpulkan data mentah kemudian melakukan reduksi data atau pemilaahan data kasar. Selanjutnya menyajikan data yang yang sudah dipilah untuk kemudian dilakukan verifikasi agar memudahkan dalam pengumpuan data sebagai tahap akhir.Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan aspek penentuan target, belum berjalan dengan efektif karena minimnya juru parkir yang ditempatkan dan rendahnya pengawasan pemerintah terhadap kedisiplinan juru parkir dalam menerapkan standar operasional prosedur yang ada. Pada aspek pengukuran, belum berjalan efektif karena target penerimaan retribusi parkir tidak pernah tercapai. Sejauh ini belum tersedia layanan aduan secara online. Pada aspek melakukan tindakan sudah cukup efektif karena senantiasas melakukan koordinasi dengan masyarakat kemudian keluhan tersebut akan disampaikan kepada pihak Dinas Perhubungan utuk mencari solusinya. Dengan demikian, dapat disarankan bahwa pada aspek menentukan standar pihak kelurahan berkoordinasi dengan pihak Dinas Perhubungan agar menambah juru parkir yang ada, Kemudian meningkatkan pengawasannya terhadap kedisiplinan juru parkir dalam penerapan standar operasional prosedur. Pada aspek pengukuran, perlunya menyiapkan kotak aduan layanan atau sistem layanan online. Pada aspek melakukan tindakan, perlu mempertahankan atau dapat lebih meningkatkan lagi koordinasi terhadap seluruh elemen terkait seperti pihak Dinas Perhubungan, pihak pedagang, dan pihak masyarakat.

References

Amirul. (2020). Analisis Penataan dan Kebutuhan Ruang Parkir Pelabuhan Sri Tanjung Gelam Kabupaten Karimun Kabupaten 2018. Jurnal PELITA KOTA. 1(1), 25-36.
Dian, S., Utomo. (2008). Penanganan Pengaduan Masyarakat Mengenai Pelayanan Publik. Jurnal Ilmu Administrasi dan Organisasi, 15(3), 161-167.
Endriyono, D. Putra. (2018). Efektivitas Penetapan Retribusi Parkir Tepi Jalan Umum Terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Surabaya. Jurnal Ilmu dan Riset Akuntansi, 7(9), 1-17.
Kurniawan, Septyanto dan Surandono, Agus. (2017). Analisis Kebutuhan dan Penataan Ruang Parkir Kendaraan (Studi Kasus Pada Lahan Parkir Kampus IIFakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Metro. Jurnal TAPAK, 6(2). 127-133.
Mahsun, Mohamad. (2006). Pengukuran Kinerja Sektor Publik: Cetakan Pertama. Yogyakarta: BPFE.
Maisyarah, dkk. (2018). Efektivitas Pengawasan dan Pembinaan Terhaap Pengelolaan dan Penataan Parkir oleh Dinas Perhubungan Kota Samarinda (Studi Pada Kecamatan Samarinda Ulu Kota Samarinda). eJurnal Administrasi Negara. 8286-8299.
Noperiyadi. (2015). Tata Ulang Lahan Parkir Pada Jalan Kalimantan Kota Lubuk Linggau. Jurnal Teknik Sipil dan Lingkungan, 3(1), 766-774.
Suryani, L., dan Yarosi. (2015). Hubungan Pengawasan dan Kinerja Pegawai pada Dinas Kebudayaan dan Pariwissata Kota Tanngerang Selatan. Jurnal KREATIF Proram Studi Manajemen Universitas Pamulang, 2(2), 93-110.
Syaifuddin, Muhamad. (2015). Pengawassan Penyelenggaraan Perparkiran Di Kota Surabaya. Jurnal Kebijakan dan Manajamen Publik. 3(3), 197-206.
Tambunan, Rudi M. 2013. Pedoman Penyusunan Standard Operating. Procedures (SOP). Jakarta: Maistas Publishing.
Published
2021-06-30

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.