ANALISIS TINGKAT PELAYANAN JALAN ANDI DJEMMA KOTA MAKASSAR

  • Anas Arfandi Lembaga Penelitian Universitas Negeri Makassar
  • Nurlita Pertiwi Lembaga Penelitian Universitas Negeri Makassar
  • Rahmatan Rahmatan Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah Kota Makassar
Keywords: Tingkat Pelayanan Jalan, Jalan Bintang Lima, Jalan Andi Djemma

Abstract

Kota Makassar yang merupakan salah satu kota metropolitan di Indonesia yang berkembang sangat pesat. Pembangunan yang terjadi seiring dengan pertumbuhan ekonomi kota Makassar yang berada di atas pertumbuhan ekonomi nasional. Salah satu pembangunan yang juga memberikan pelayanan kepada masyarakat yaitu pelayanan jalan raya dalam mendukung perkembangan transportasi darat di Kota Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menggambarkan kondisi fasilitas ruas jalan Andi Djemma , dan 2) menjelaskan tingkat pelayanan ruas jalan Andi Djemma . Penelitian ini merupakan penelitian survei. Waktu penelitian dilakukan pada bulan Mei s/d Oktober 2017. Survei arus lalu lintas dilakukan selama sepekan dengan periode waktu pukul 07.00 – 09.00; 12.00 – 14.00; dan 16.00 – 18.00. Variabel pada penelitian ini adalah 1) Kapasitas ruas jalan, 2) Tingkat pelayanan ruas jalan, dan 3) Persepsi masyarakat. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode survei dengan cara pengamatan dan perhitungan lalu lintas dilapangan dengan secara langsung. Survey arus lalu lintas dilakukan dengan perhitungan manual. Teknik analisis data yang digunakan dalam mengolah hasil penelitian adalah analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Fasilitas jalan Andi Djemma belum memadai seperti marka jalan, rambu, trotoar, dan zebra cross; dan 2) Pelayanan jalan Andi Djemma mencapai tingkat F, yang berarti sering terjadi kemacetan. Hal ini terutama disebabkan oleh Volume lalu lintas dan Hambatan Samping.

References

C. Jotin Khisty, B.Kent Lall. 2005 Dasar-dasar Rekayasa Transportasi Edisi Ketiga. Jakarta: Erlangga.

Direktorat Bina Marga. 1997. Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI). Departemen Pekerjaan Umum.

Dumbaugh, E., Li, W., & Joh, K. 2013. The built environment and the incidence of pedestrian and cyclist crashes. Urban Design International, 18(3), 217-228.

F. D. Hobbs. 1995. Perencanaan dan Teknik Lalu Lintas Edisi Kedua. YogyakartaL Gadjah Mada University Press.

Iskandar, Abu Bakar, dkk. 1991. Rekayasa Lalu Lintas. Jakarta: Direktorat Bina Sarana Lalu Lintas Angkatan Kota.

Meyer, M. D., Mannering, F. L., & Kilareski, W. P. 1990. Principles of Highway Engineering and Traffic Analysis.

Muhtadi, Adhi. 2010. Analisis Kapasitas, Tingkat Pelayanan, Kinerja dan Pengaruh Pembuatan Median Jalan. Jurnal Neutron, Vol. 10, No. 1, Februari 2010: 43-54.

Ofyar Z. Tamin. 2000. Perencanaan dan Pemodelan Transportasi. Bandung: ITB.

Shirley L. Hendarsin. 2000. Perencanaan Teknik Jalan Raya. Bandung: Politeknik Negeri Bandung.
Published
2017-06-01

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.