EVALUASI HASIL ASESMEN NASIONAL PADA JENJANG PENDIDIKAN DASAR DI KOTA MAKASSAR
Keywords:
Evaluasi, Asemen Nasional, Pendidikan DasarAbstract
Asesmen nasional dilaksanakan oleh Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah pada tahun 2021 - 2024 untuk mensurvei hasil belajar peserta didik, proses pembelajaran, pemerataan kualitas layanan, kualitas pengelolaan sekolah, serta kualitas sumber daya manusia yang terlibat di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan hasil asessmen nasional untuk dijadikan rujukan dalam membangun penyelenggaraan pembelajaran. Metode penelitian dilakukan melalui pendekatan deskriptif yang dikombinasikan dengan analisis kuantitatif dan kualitatif, untuk memberikan gambaran yang menyeluruh terhadap capaian mutu pendidikan dalam kurung waktu 4 tahun pelaksanaan asesemen nasional. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan literasi SD mengalami kenaikan 33,47% dari tahun 2021 (1,65) ke tahun 2024 (2,48). Kemampuan Numerasi naik 25,58% dari (1,60) menjadi (2,15). Pada jenjang SMP kemampuan literasi mengalami kenaikan 23,01% dari tahun 2021 (1,74) ke tahun 2024 (2,26), dan kemampuan Numerasi (1,74) menjadi (2,21) naik 17,54%. Pada tahun ke empat pelaksanaan AN peserta didik menunjukkan tingkat literasi dan numerasi yang cakap dan berada pada level mahir. Analisis kualitatif menunjukkan adanya hambatan peserta didik dalam meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi mereka diantaranya yaitu minat terhadap literasi dan numerasi masih rendah, terbatasnya sumber daya pendukung, minimnya pelatihan guru, kurikulum yang kurang memadai, pemanfaatan teknologi inormasi tidak sesuai. Untuk meningkatkan nilai AN, penelitian ini merekomendasikan penggunaan metode pembelajaran yang sesuai. mengaktifkan peserta didik, penilaian positif, penggunaan Teknologi Informasi, pengembangan Perpustakaan Sekolah, pelatihan guru dan tenaga kependidikan menintensifkan peran guru BK serta keterlibatan keluarga.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Jurnal Inovasi dan Pelayanan Publik Makassar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.